200 Aplikasi Di Hapus Google dari Play Store


200 Aplikasi Di Hapus Google dari Play Store200 Aplikasi Di Hapus Google dari Play Store

Bacait.net –  Google kabarnya menghapus lebih dari 200 aplikasi Play Store. Dihapusnya aplikasi tersebut lantaran adanya skema penipuan berbasis aplikasi mobile yang dioperasikan melalui MoPub.

MoPub merupakan platform iklan mobile yang dimiliki oleh Twitter. Aplikasi tersebut dapat menghasilkan lebih dari USD250 ribu pemasukan per hari melalui penipuan iklan.

Peneliti di perusahaan keamanan Sentrant Security yang menginvestigasi skema aplikasi mobile ‘ad fraud’ itu mengidentifikasi total 247 aplikasi yang mengandung ad fraud. Aplikasi tersebut tersedia untuk diunduh di Google Play Store.

Diestimasi aplikasi ‘ad fraud’ itu telah ter-install antara 282.998 dan 1.193.665 kali. Google telah diberi tahu oleh Sentrant untuk menghapus aplikasi penipu tersebut dari Play Store.

“Dalam reaksi untuk komunikasi kami dengan Google, semua aplikasi telah dihapus dari Play Store. Namun, aplikasi yang telah terpasang di perangkat pengguna tidak akan menginfeksi karena pengguna perlu melakukan uninstall aplikasi oleh mereka sendiri,” jelas Hadi Shiravi, Co-Founder of Sentrant Security, seperti dilansir Ibtimes.

Ia mengatakan, aplikasi ‘ad fraud’ ini merupakan skema yang canggih, yang menarget aplikasi mobile di ratusan ribu perangkat. Kabarnya, skema iklan penipuan ini dikembangkan dan dioperasikan oleh perusahaan aplikasi mobile, Academ Media.

By Bacait.net 

Apa artikel ini bermanfaat? Share yuk