CEO Facebook : Ditolak India, Internet Gratis Facebook Takkan Hengkang


CEO Facebook : Ditolak India, Internet Gratis Facebook Takkan HengkangCEO Facebook : Ditolak India, Internet Gratis Facebook Takkan Hengkang

Bacait.net –  Menyusul ditutupnya Free Basics oleh otoritas telekomunikasi India, CEO Facebook Mark Zuckerberg tetap memperjuangkan akses internet gratis besutan Facebook itu di negeri Bollywood.

Zuck memang tak dapat menutupi rasa kecewanya. Meski demikian dikatakannya, pemblokiran Free Basics, tak akan membuat program internet gratis melalui inisiatif Internet.org, hengkang dari India.

“Kami akan tetap bekerja menghalau rintangan konektivitas di India dan seluruh dunia. Internet.org punya banyak inisiatif dan kami akan berupaya hingga semua orang punya akses internet,” sebutnya seperti dikutip The Verge, Selasa (9/2/2016).

“Misi kami adalah membuat dunia menjadi lebih terbuka dan terhubung. Misi tersebut tetap berjalan, demikian juga dengan komitmen kami kepada India,” sambungnya.

Free Basics adalah bagian dari inisiatif Internet.org buatan Facebook. Tujuannya, seperti sudah disinggung sebelumnya, menyediakan konektivitas internet gratis di negara berkembang.

Aplikasi Free Basic dapat di-download gratis dan menyediakan akses pada Facebook serta berbagai website penting yang menyediakan informasi cuaca, kesehatan, layanan pemerintahan, lowongan kerja, dan sebagainya. Melalui kemitraan dengan operator lokal, semuanya bisa diakses gratis.

Adapun alasan pemblokiran yang dilakukan di India, diklaim sebagai bagian dari dukungan pemerintah terhadap net neutrality atau netralitas internet.

Para pendukung net neutrality menentang layanan gratis tersebut, dengan alasan pemberi jasa internet seharusnya tidak mengutamakan situs internet tertentu. Pengguna berhak mengakses apa saja yang mereka mau.

Selain India, penolakan internet gratis Facebook juga terjadi di Mesir. Berbeda dengan India, negeri Piramida tersebut menutup Free Basics karena takut menjadi sarana melakukan protes pada pemerintah.

Indonesia sendiri menerima dengan tangan terbuka inisiatif Internet.org. Bermitra dengan operator Indosat Oredoo, Internet.org sudah dijalankan sejak tahun lalu.

By Bacait.net 

Apa artikel ini bermanfaat? Share yuk