Fakta Soal Daya Tahan Baterai Laptop


Tutorial-Cara-Hilangkan-Tanda-Silang-Seru-Baterai-Laptop

bacait.net – Sebuah review mengejutkan datang dari Which, yang menyimpulkan sebuah fakta baru. Mereka mengungkap fakta bahwa beberapa vendor pembuat laptop ternyata menyebutkan daya tahan baterai yang jauh dari fakta, kecuali Apple. Beberapa vendor tersebut di antaranya adalah Acer, Dell, HP, Lenovo, Toshiba dan Asus.

Pengujiannya pun tak tanggung-tanggung banyaknya! Setiap vendor diuji beberapa laptop terbaru yang beredar: Acer (8); Apple (3), Asus (8), Dell (10), HP (12), Lenovo (20), Toshiba (6).

Setelah itu, setiap laptop diuji dengan beberapa cara. Cara pertama, mengisi baterai sampai penuh, kemudian dibiarkan sampai habis. Setelah itu, baterai diisi sampai penuh lagi, kemudian diberikan tugas tertentu seperti browsing atau menonton film, sampai baterai habis. Nilai rata-rata itulah yang dijadikan hasil untuk pengujian ini.

Hasilnya bisa dilihat dari gambar di atas. Hanya Apple yang menyentuh angka melebihi klaim yang mereka janjikan. Tapi apakah tes ini memang bisa dipercaya?

Entahlah. Sebab perhitungan akan baterai memang subjektif. Bahkan tugas browsing atau menonton film pun bisa menghabiskan baterai dengan cara berbeda. Misalnya web semacam apa, atau video codec seperti apa?

Beberapa vendor ikut berkomentar atas penemuan ini. HP menganggap perbedaan resolusi layar yang tidak cermat bisa ikut berpengaruh. Sedangkan Dell menyatakan bahwa daya tahan hidup baterai adalah konsep samar-samar yang sulit untuk diukur karena setiap individu menggunakan PC dengan cara berbeda. Bagaimana dengan sahabat? Apa kamu percaya dan punya pengalaman dengan tes seperti ini?

Apa artikel ini bermanfaat? Share yuk