Fitur Terbaru Instagram : Otomatis Menyensor Postingan Tertentu


Instagram

bacait.net – Jika media sosial lepas dari pengawasan, tentu itu akan menjadi berbahaya karena bisa saja timbul gesekan antar pengguna akibat konten-konten yang mengandung isu sensitif. Agar penggunanya tetap merasa nyaman, Instagram akan mengaburkan konten atau posting yang mengandung unsur sensitif. Pengguna umum sangat berperan aktif dalam mencegah konten sensitif beredar di Instagram. Dengan berdasarkan laporan dari pengguna, serta adanya tinjauan dari tim internal Instagram, maka konten yang dilaporkan mengandung unsur sensitif akan secara otomatis kabur atau blur.

Tak hanya mengaburkan isi konten saja, Instagram juga akan memasang peringatan pada konten tersebut dengan kalimat “Foto ini berisi konten sensitif yang beberapa orang dapat tersinggung atau terganggu.”

Menurut Instagram, konten yang dianggap sensitif adalah konten yang memuat isi kekerasan atau hal-hal yang dapat mengganggu seseorang. Sebagai contoh, ada satu kelompok yang memposting konten tentang pelatihan hewan atau kegiatan yang menyakiti hewan. Selain itu konten yang memuat tentang krisis kemanusiaan, seperti bencana kelaparan di suatu daerah yang akan menimbulkan dampak bagi masyarakat lokal.

Peringatan tersebut dimaksudkan agar konten tidak terlalu terlihat di timeline pengguna, dengan tujuan agar tidak semakin banyak pengguna yang merasa terganggu dengan konten tersebut. Namun bagi pengguna yang tetap ingin melihatnya dapat menekan tombol. Hal itu berarti Instagram tidak benar-benar melarang konten tersebut ada di Instagram, hanya memberi peringatan bahwa konten berisi hal yang sensitif.

Saat ditanya mengenai untuk memperluas kebijakan tersebut terhadap konten-konten yang berisi konten seksual, Instagram tidak menutup kemungkinan jika kebijakannya akan mengarah ke sana di masa mendatang.

Apa artikel ini bermanfaat? Share yuk