Mereview Smartphone Cantik Dengan Kamera Depan 13MP Dari Asus


Mereview Smartphone Cantik Dengan Kamera Depan 13MP Dari AsusMereview Smartphone Cantik Dengan Kamera Depan 13MP Dari Asus

Bacait.net – Bulan November lalu, perusahaan terkemuka asal Taiwan, Asus telah meluncurkan beberapa seri smartphone di pasar Indonesia menyusul Zenfone 2 yang telah terlebih dahulu meluncur di Tanah Air. Salah satu smartphone yang meluncur pada bulan November adalah Asus Zenfone Selfie.

Menilik dari namanya, Asus Zenfone Selfie khusus ditujukan bagi Anda yang menggemari foto selfie atau memotret gambar diri sendiri. Pasalnya, kamera depan smartphone ini setara dengan kamera belakang yang disusung smartphone ini. Namun tak hanya sektor kamera saja yang mumpuni, di sektor lain pun, smartphone ini tak tak kalah dengan smartphone lain di rentang harga 3 jutaan. Untuk mengulas apa saja yang diusung Zenfone Selfie ini, kami akan melakukan review untuk mengetahui performa dan fitur menarik yang diusung smartphone ini.

Spesifikasi Asus Zenfone Selfie :

Display : 5,5 inci IPS, FHD 1080p 403ppi, Gorilla Glass 4
Chipset : Snapdragon 615
CPU : Octa core 1,5 GHz
GPU : Adreno 405
RAM : 3GB
Storage : 32GB, micro SD hingga 128GB
Kamera utama : 13MP, laser autofocus, dual tone LED flash, PixelMaster v2.0
Kamera depan : 13MP autofokus, dual tone LED flash, PixelMaster v2.0
OS : Android 5.0.1 Lollipop, Zen UI.
Baterai 3.000mAh, removable
SIM: Dual SIM, Micro SIM
Jaringan : EDGE, 3G HSPA, 4G LTE
Sensor : Proximity, Acelerometer, Gyroscope, Magnetic
Harga : ROM 16GB Rp2.799.000, ROM 32GB Rp3.099.000
Kelengkapan Box:

Unit Asus Zenfone Selfie
Kepala Charger
Kabel USB
Buku panduan manual dan Garansi
Layar & Antarmuka

Asus Zenfone Selfie memiliki layar seluas 5,5 inci dengan resolusi 1.920×1.080 pixel IPS (403ppi). Menariknya, meski menyasar kalangan menengah, Zenfone Selfie telah dilapisi Corning Gorilla Glass 4 yang terbilang sangat tangguh. Selain itu, layar Zenfone Selfie memiliki lapisan khusus yang dapat meredam noda bekas sentuhan jari.

Karena menggunakan layar IPS, layar smartphone ini dapat diandalkan saat berada di bawa sinar matahari, namun layar Zenfone Selfie masih memancarkan refleksi bayangan saat berada di luar ruangan. Namun, layar smartphone ini telah mendukung fitur Gloves Mode, di mana layar dapat mengenali sentuhan jari Anda meski sedang menggunakan sarung tangan.

Untuk antarmukanya, Asus menerapkan tampilan antarmuka Zen UI yang kaya sekali kustomisasi. Sepertinya antarmuka dari Asus ini menjadi nilai lebih dari smartphone ini, karena dapat mencakup semua kalangan. Asus menyediakan tampilan mode dua lapis, di mana terdapat app drawer untuk mengakses semua aplikasi seperti kebanyakan smartphone Android. Selain itu, ada juga mode satu lapis, di mana semua aplikasi dan widget tumpah ruah di homescreen seperti tampilan antarmuka Xiaomi, Lenovo, dan lain-lain.

Zen UI juga menyediakan kustomisasi yang beragam, mulai dari jenis font, walllpaper, efek gulir, hingga jenis tema yang digunakan. Ada beragam jenis tema yang disediakan oleh Asus, namun ada juga tema yang sengaja dibuat oleh pihak ketiga untuk mempercantik tampilan antarmuka Zenfone Selfie.

Lebih lanjut, ada juga mode praktis di mana semua ikon-ikon kan berukuran sangat besar, hal ini memudahkan pengguna manula yang kesulitan dengan tampilan antarmuka standar. Selain itu ada juga mode anak, di mana kita dapat membatasi aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh anak-anak ketika sedang menggunakan smartphone.

Karena mengusung layar seluas 5,5 inci, tentu penggunaan dengan satu tangan dirasa sangat merepotkan. Namun Asus memudahkan penggunaan satu tangan dengan fitur One Hand Mode, pada fitur ini, tampilan layar akan diperkecil sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh satu jari. Untuk sektor tampilan antarmuka, Asus sepertinya mendapatkan poin lebih ketimbang produk saingannya.

Body & Desain

Seperti susah ‘move on’ dari generasi sebelumnya, desain dari Asus Zenfone Selfie ini tampak mirip dengan generasi Zenfone terdahulu. Hanya saja pada generasi kedua ini, desain lebih disempurnakan dengan memangkas bezel serta memanipulasi ketebalan smartphone.

Body desain

Ukuran bodinya 156,5 x 77,2 x 10,8mm dengan bobot 170 gram, ukurannya memang terlihat bongsor karena tebal maksimal body smartphone ini mencapai 10 mm lebih. Namun Asus mengakalinya dengan mengusung desain melengkung pada sisi kanan dan kirinya sehingga ukuran menjadi lebih tipis. Bahkan sisi-sisi smartphone ini memiliki ukuran paling tipis hingga 3 mm. Dengan desain seperti ini, tentu sangat nyaman di genggam karena telah menyesuaikan lekukan telapak tangan.

Open case

Asus menggunakan material plastik untuk membungkus smartphone ini. Meski tebuat dari plastik, Asus menerapkan pola garis-garis yang sekilas menampilkan kesan metal. Finishing ini tentu akan menambah kesan mewah pada smartphone ini. Selain menawarkan warna-warna metal seperti silver dan emas, smartphone ini juga tersedia dengan body warna pastel seperti biru muda, pink, merah marun, putih, hitam, dan lain-lain.

Open case 2

Asus meletakan tombol power & lock di bagian atas bersama microphone dan port audio jack 3.5 mm, sedangkan tombol volume berada di sisi belakang bersama dengan kamera utama, led flash, laser auto fokus, logo Asus Zenfone, serta lubang speaker. Tombol volume diletakan di bagian belakang untuk memudahkan pengguna menangkap gambar saat berselfie.

Port micro USB terletak di bagian bawah bersama dengan microphone, dan di bagian depan terdapat tiga tompol kapasitif back, home, dan recent apps yang tidak dilengkapi LED backlit. Selain itu terdapat juga kamera depan yang bersandingan dengan LED flash dan ear piece, serta LED notifikasi.

Hardware & Performa

Karena ditujukan untuk kalangan menengah, Asus Zenfone Selfie mengusung chipset kelas menengah dari Qualcomm, yakni Chipset Snapdragon 615 yang memiliki prosesor octa core 1,5GHz 64 bit dan Andreno 405 sebagai pengolah grafisnya. Kali ini kami kebetulan mendapatkan seri ZD551KL yang memiliki RAM Sebesar 3GB serta memori penyimpanan internal sebesar 32GB dan dapat diperluas menggunakan micro SD hingga 128GB. Selain itu ada juga model yang lebih murah, yakni memiliki RAM sebesar 3GB dan internal sebesar 16GB.

By Bacait.net

Apa artikel ini bermanfaat? Share yuk