Netflix Diblokir, Menkominfo: Terserah Pasar


Netflix Diblokir, Menkominfo: Terserah PasarNetflix Diblokir, Menkominfo: Terserah Pasar

Bacait.net Р Pemblokiran Netflix di Indonesia menuai pro kontra. Namun Menkominfo Rudiantara lebih memilih untuk tidak berpihak pada salah satu kubu.

“Saya serahkan ke pasar, ke operator,” ujar Rudiantara saat ditanya apakah Netflix bakal diblokir atau tidak.

Saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (4/2/2016) tersebut, Menkominfo menegaskan bahwa mau diblokirnya Netflix atau tidak itu tergantung kepada operator.

Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini lebih memilih untuk memerangi kembaran Netflix yang berbau mesum (nudity) yang memang sudah menjadi kebijakan Indonesia dengan melarang pornografi.

“Jadi Kominfo itu memblokir, tapi bukan Netflix keseluruhan,” lanjutnya.

Netflix sendiri saat ini lebih diarahkan untuk menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia. Jadi, Netflix harus buka kantor di Indonesia dan bermitra dengan perusahaan lokal.

“Kebijakan belum saya keluarin, tapi dengar-dengar di pasar sih, mereka (Netflix) sudah pernah bicara dengan perusahaan-perusahaan (di Indonesia),” ungkap menteri yang biasa disapa Chief RA ini.

Diharapkan dengan Netflix buka kantor perwakilan dan bermitra dengan perusahaan indonesia, maka hak konsumen jadi terlindungi. Salah satunya masyarakat tahu dan jelas kalau misalkan komplain terkait layanan Netflix harus ke mana.

Operator sendiri terbelah menyikapi Netflix. Telkom berada di garda terdepan sebagai penyedia layanan internet yang memblokir penyedia video streaming berbayar tersebut.

Kondisi ini jelas membuat heboh pengguna dan langsung dimanfaatkan pesaing Telkom untuk menawarkan layanan internet yang bebas menonton Netflix.

By Bacait.net 

Apa artikel ini bermanfaat? Share yuk