ODROID-C2 Menyaingi Raspberry Pi dengan RAM Lebih Besar


ODROID-C2 Menyaingi Raspberry Pi dengan RAM Lebih BesarODROID-C2 Menyaingi Raspberry Pi dengan RAM Lebih Besar

Bacait.net – Penggunaan single board komputer seperti Raspberry Pi kini kian marak digunakan. Selain sebagai home automation, single board komputer ini mampu dijadikan berbagai hal yang sangat menjanjikan, seperti dijadikan sebuah robot, atau bisa saja menjadi server mini, atau penyimpanan berbasis network (NAS).

Namun seperti yang kita tahu banyak dari merek lain yang merilis produk serupa, namun dengan spesifikasi yang lebih menjanjikan, seperti yang telah kita beritakan sebelumnya, UP dan Orange Pi. Nah kali ini ada pesaing dengan bentuk yang sama, namun dengan jeroan yang lebih baik dari Raspberry Pi.

Adalah ODROID-C2, single board komputer dengan basis prosesor Amlogic S905 (ARM Cortex-A53) quad core dengan kecepatan 2GHz. Selain itu, single board komputer ini memiliki pengolah grafis dari Mali 450MP3, serta tidak ketinggalan ada RAM berukuran 2GB.

Sama seperti Raspberry Pi 2, ODROID-C2 ini memiliki port USB, konektor GPIO 40 pin, slot micro SD, port Gigabit Ethernet, dan port HDMI 2.0 yang membuat komputer ini mampu berjalan di resolusi tinggi, 4K. Komputer kecil dengan berat 40 gram ini ditujukan untuk kalangan profesional dan pengembang.

ODROID-C2 telah mendukung sistem operasi Linux Ubuntu 16.04 dan Android 5.1 Lollipop. Sayangnya, karena komunitas dari pembang ODROID-C2 tidak terlalu banyak, dukungannya jauh di bawah dari Raspberry Pi. Untuk harganya, ODROID-C2 dibanderol dengan harga 40 USD atau sekitar 550 ribu Rupiah, serta bakal tersedia pada bulan Maret mendatang.

By Bacait.net

Apa artikel ini bermanfaat? Share yuk